Mahasiswa Fakultas Syariah Siap melaksanakan Praktek Peradilan Agama

Kerjasama Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang dengan Pengadilan Agama di 19 Kabupaten dan Kota di Propinsi Sumatera Barat semakin mantap dan berkelanjutan dalam rangka memberikan pelatihan dan praktek Peradilan Agama secara nyata kepada para mahasiswa. Pada tahun 2011 ini, kegiatan praktek peradilan ini ditambah pula dengan Pengadilan Agama di Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Terdapat sekitar 230 mahasiswa yang umumnya semester delapan telah siap mengikuti praktek peradilan agama. Mereka disamping terdaftar pada semester dimaksud juga harus yang telah lulus mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama (HAPA) dan Peradilan Agama Di Indonesia (PADI). Selanjutnya, mereka akan mengikuti kegiatan praktek ini selama enam minggu dan menurut catatan dari fakultas, kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 14 Februari 2011 ini.

Pada orientasi perbekalan praktek peradilan agama yang di adakan pada hari sabtu tanggal 5 februari kemaren, Bapak Drs H Sobhan MA selaku Dekan Fakultas Syariah menekankan bahwa nantinya mahasiswa akan dibimbing oleh Ketua, Hakim, Panitera dan Pejabat Kepaniteraan/ Kesekretariatan yang ditugaskan sebagai pembimbing selama mereka melakukan praktek tersebut. Pada acara tersebut, setiap Dosen Pembimbing juga menjelaskan bahwa mahasiswa akan diberikan pengenalan dan pengetahuan tentang administrasi paradilan yang berkaitan dengan peroses pendaftaran perkara sampai dibukukan (sebelum sebuah perkara disidangkan). Selanjutnya, para mahasiswa pula dibekali berkaitan dengan cara beracara di Pengadilan Agama yaitu penyelesaian suatu perkara di Pengadilan Agama, baik berperan sebagai majelis, sebagai para pihak dalam berperkara, saksi maupun sebagai pengacara yang akan dilakoni oleh seluruh mahasiswa praktek yang akan disaksikan oleh Pembimbing dari Hakim dan Pejabat Kepaniteraan serta Dosen Praktek Peradilan dari kampus.

Ketua Panitia Praktek Peradilan Agama, Dra Gusnida M.Ag pada kesempatan itu pula menekankan bahwa dengan adanya Praktek Peradilan Agama nantinya mahasiswa dapat melakukan simulasi, karena puncak praktek Peradilan Agama ini adalah praktek persidangan perkara itu sendiri. Dengan adanya praktek peradilan ini diharapkan para mahasiswa akan lebih memahami bagaimana proses penyelesaikan suatu perkara dimulai dari para pihak memasukkan perkara sampai dengan putusan Pengadilan.

Dalam beberapa tahun terakhir, setiap mahasiswa akan dilepas oleh unsur pimpinan Fakultas untuk diserahkan secara lansung oleh para Dosen pembimbing pada setiap tempat Pengadilan Agama masing-masing. Keberangkatan dikoordinir dan Dosen pembimbing merupakan wakil pimpinan sesuai dengan lokasi dimana praktek peradilan agama dilaksanakan. Melalui Kuliah Praktek Pengadilan Agama ini, kita berharap kepada Pihak Pengadilan Agama dapat bekerjasama yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing kelulusan Fakultas Syariah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s